• Profil
  • Visi Misi
  • Fasilitas
  • Tata Tertib
  • Jam Layanan
  • Kontak Kami
Profil

Perpustakaan Universitas Kuningan yang bernama Perpustakaan Kahari Prawirasujasa merupakan untuk pengelolaan informasi ilmiah untuk mendukung program pendidikan, pengajaran, dan penelitian bagi sivitas akademika Universitas Kuningan dengan menyediakan berbagai layanan informasi ilmiah yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Visi Perpustakaan Universitas Kuningan yaitu terwujudnya unit kerja yang dapat memberikan sistem layanan dan basis pengetahuan global berbasis teknologi informasi yang mendukung riset unggulan bertaraf nasional. Misi yang diemban Perpustakaan Universitas Kuningan adalah (1) menyediakan pusat layanan perpustakaan modern bagi sivitas akademika Universitas Kuningan dan masyarakat umumnya; (2) menyediakan informasi yang mendudukng Tridharma Perguruan Tinggi; (3) mengembangkan jaringan perpustakaan global pada lingkup nasional; dan (4) menciptakan lingkungan gemar membaca yang tertib, nyaman, dan bersahabat. Di setiap Fakultas di lingkup Universitas Kuningan juga tersedia perpustakaan yang fokus menyediakan kebutuhan informasi ilmiah terkait dengan masing-masing fakultas tersebut.

Kapasitas ruang baca diperpustakaan ini mencapai 130 orang yang terdiri dari ruangan baca dengan meja kursi untuk kapasitas 70 orang, ruang baca lesehan untuk kapasitas 20 orang, ruang referensi untuk kapasitas 20 orang dan ruang IT untuk kapasitas 20 orang.

Sumber informasi yang tersedia di Perpustakaan Universias Kuningan berupa berbagai jenis koleksi seperti buku, skripsi, tesis, disertasi, laporan dan jurnal dalam bentuk cetak. Koleksi buku tersebut bisa diakses secara cepat dan mudah melalui 2 buah komputer Online Public Acess Catalogue (OPAC) / komputer searching yang tersedia di perpustakaan melalui komputer yang tersedia. Tersedia juga 20 buah komputer PC untuk membantu mahasiswa mencari data-data di internet secara online.

Disamping itu juga menyediakan layanan bimbingan pembac, konsultasi, pelatihan dan magang dalam bidang perpustakaan, serta pengelolaan informasi. Disamping melayani penelusuran informasi secara elektronik, Perpustakaan Universitas Kuningan juga telah melakukan komputerisasi untuk berbagai kegiatan, diantaranya sirkulasi pengembalian dan peminjaman buku, sehingga transaksi peminjaman akan tercatat di pangkalan data peminjaman buku.

Visi Misi

VISI DAN MISI
PERPUSTAKAAN KAHARI PRAWIRASUJASA
UNIVERSITAS KUNINGAN

Visi
Menjadi perpustakaan unggul sebagai pusat informasi, literasi, dan pembelajaran berbasis teknologi yang mendukung pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan pada tahun 2032.

Misi
1. Menjaga relevansi koleksi dengan kebutuhan Pemustaka
2. Menciptakan loyalitas pemustaka dengan layanan prima
3. Menumbuhkan motivasi dan inpirasi pemustaka untuk berinovasi dan berkreativitas dengan fasilitas dan kegiatan dalam bidang literasi informasi
4. Mengembangkan repository lokal konten yang open akses
5. Mengembangkan kompetensi sumber daya manusia yang bersertifikasi
6. Mengembangakan aplikasi teknologi informasi perpustakaan sesuai standar
7. Mengembangkan tata kelola manajemen perpustakaan sesuai standar
8. Menjalin kerjasama dengan institusi lain dalam pengembangan layanan dan operasional perpustakaan serta tanggung jawab sosial kepada masyarakat dalam bidang literasi informasi


Fasilitas

FASILITAS DAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KUNINGAN

 

  1. Ruang Komunitas
    Ruangan ini adalah area multifungsi yang dirancang untuk mendukung interaksi, kolaborasi, dan pertemuan, serta sering digunakan sebagai mini-classroom untuk kegiatan pembelajaran kelas, workshop kecil, atau presentasi. Ruangan ini juga dapat menjadi tempat yang fleksibel bagi civitas akademika untuk berkumpul dan belajar.

  2. Ruang Baca
    Area utama dalam perpustakaan yang dikhususkan bagi pengguna untuk membaca, belajar, dan mengerjakan tugas secara individual. Dilengkapi dengan meja, kursi yang ergonomis, dan suasana yang kondusif agar pemustaka dapat fokus pada bahan bacaan atau materi studi.

  3. OPAC (Online Public Access Catalog)
    Sistem katalog daring yang berfungsi sebagai alat pencarian koleksi perpustakaan, sehingga pemustaka dapat mencari dan mengetahui informasi detail mengenai ketersediaan buku, jurnal, atau materi lainnya secara mandiri.

  4. Layanan Referensi
    Layanan ini memberikan bantuan ahli kepada pemustaka dalam menemukan informasi yang spesifik, relevan, dan berkualitas. Pada layanan ini, terdapat koleksi yang bisa dijadikan referensi utama, seperti ensiklopedia, kamus, atau handbook, dan sebagainya. Selain koleksi, pemustakan diberikan bimbingan mengenai strategi pencarian dan penggunaan sumber-sumber tersebut untuk penelitian.

  5. Layanan Tugas Akhir
    Layanan ini khusus menangani, menyediakan, dan mengelola koleksi-koleksi karya ilmiah mahasiswa tingkat akhir seperti skripsi dan tesis. Pemustaka difasilitasi untuk mengakses dan mempelajari hasil-hasil penelitian terdahulu dari civitas akademika sebagai bahan rujukan utama.

  6. Layanan Konsultasi Riset
    Layanan yang menyediakan pendampingan dan bimbingan personal kepada mahasiswa dalam tahapan proses riset, mulai dari penentuan topik, penelusuran literatur yang efektif, pengelolaan referensi, hingga tips penulisan karya ilmiah yang sesuai dengan standar akademik.

  7. Layanan Cek Plagiarisme
    Layanan ini dirancang untuk memastikan integritas akademik dengan menggunakan aplikasi Turnitin untuk memeriksa tingkat orisinalitas sebuah karya ilmiah  sebelum diserahkan atau dipublikasikan.

  8. Layanan Information Center
    Bertindak sebagai pusat informasi dan panduan umum di perpustakaan, di mana pemustaka dapat bertanya mengenai jam layanan, tata tertib, prosedur peminjaman/pengembalian, atau mendapatkan petunjuk arah untuk mengakses berbagai layanan dan fasilitas lain yang tersedia.

  9. Layanan Sirkulasi
    Layanan ini adalah inti dari kegiatan peminjaman dan pengembalian koleksi buku umum oleh pemustaka, termasuk di dalamnya proses pendaftaran anggota, perpanjangan masa pinjam, serta penanganan denda atau masalah terkait sirkulasi koleksi.

  10. Internet Station/Lab Komputer
    Menyediakan fasilitas komputer dengan akses internet yang memadai dan digunakan pemustaka untuk mendukung kebutuhan akademik seperti penelusuran e-resources, pengetikan tugas, browsing jurnal, atau akses ke sistem informasi kampus.

  11. Ruang Riung
    Ruangan ini adalah area santai dan nyaman yang mendukung kegiatan membaca atau diskusi secara informal. Menyediakan suasana yang lebih rileks bagi pengguna untuk berinteraksi, bertukar pikiran, atau beristirahat sejenak sambil menikmati bacaan ringan.

  12. Galeri Katresna (Karya Kreativitas Civitas Akademik Uniku)
    Sebuah ruang pameran atau area khusus yang didedikasikan untuk menampilkan berbagai hasil karya non-ilmiah dan kreativitas dari seluruh civitas akademika, seperti lukisan, kerajinan, foto, atau project desain, yang bertujuan untuk menginspirasi dan mengapresiasi bakat seni.

  13. Kasiku Corner (Karya Ilmiah Civitas Akademika Uniku)
    Merupakan area khusus untuk mengoleksi dan memamerkan berbagai publikasi ilmiah yang telah dihasilkan oleh dosen dan staf Uniku, seperti buku ajar, buku hasil penelitian, atau chapter dalam buku, berfungsi sebagai sumber rujukan dan etalase pencapaian akademik.

Tata Tertib

PERATURAN DI PERPUSTAKAAN

  1. Jagalah ketenangan dengan berbicara pelan, tidak berteriak, dan menghindari aktivitas yang menimbulkan kebisingan.
  2. Dilarang merokok karena dapat mengganggu kenyamanan pengunjung lain dan merusak koleksi perpustakaan.
  3. Simpan tas Anda di loker yang telah disediakan
  4. Dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam ruang perpustakaan
  5. Lepas alas kaki Anda dan simpan di rak sepatu
  6. Jaga kebersihan perpustakaan dengan membuang sampah pada tempatnya
  7. Dilarang merusak buku (merobek, melipat, mencoret-coret, atau mengotori bahan pustaka)

 

PERATURAN PEMINJAMAN BUKU PERPUSTAKAAN

  1. Peminjaman buku dibatasi maksimal 2 buku dengan periode peminjaman selama 7 hari.
  2. Perpanjangan periode peminjaman buku dapat dilakukan maksimal 3 kali.
  3. Denda akan dikenakan untuk setiap keterlambatan pengembalian buku
  4. Jika terjadi kehilangan buku, peminjam wajib menggantinya dengan buku yang sesuai
  5. Jika buku mengalami kerusakan, makan dikenakan sanksi denda
  6. Perpustakaan akan menghubungi pemustaka yang sudah melampaui batas waktu peminjaman.

 

Jam Layanan

Kontak Kami